Unit Kegiatan Belajar Mandiri

Identitas e-UKBM

Nama Mata Pelajaran

:

Prakarya dan Kewirausahaan

Semester

:

2 (Dua)

Judul UKBM

:

Pengolahan Makanan Khas Daerah Hasil modifikasi

Kode UKBM

:

PKWU-3.2/4.2/5/3-1

Alokasi Waktu

:

4 x 2 JP (8 JP)

Kompetensi Dasar

3.2

menganalisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.2

Mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

Tujuan Pembelajaran

Peta Konsep


Proses Belajar

Petunjuk Umum Penggunaan UKBM

Pendahuluan

Sebelum kalian mempelajari UKBM ini,
PASTIKAN
kalian masih ingat materi PENGOLAHAN MAKANAN DI KELAS XI.


Kalian bisa membaca bahan pangan berikut ini

Buku Prakarya dan Kewirausahaan , penulis Domas Suryo Sri Prabowo dengan Penerbit Putranugraha Halaman 44-63


Jika kalian ingin memperoleh laba yang besar maka perlu suatu cara dalam mengolah bahan pangan nabati dan hewani secara kreatif dan inovatif. Sebelum memulai pengolahan makanan khas daerah maka perlu :

1.

Mengobservasi hasil potensi daerah Tuban baik nabati maupun hewani.

2.

Menganalisi hasil potensi daerah Tuban baik nabati maupun hewani.

3.

Mengkaji secara teori cara pengolahan bahan pangan nabati dan hewani yang baik.

4.

Melakukan wawancara pada narabahan pangan yang kompeten dalam pengolahan bahan pangan nabati dan hewani

Membuat inovasi baru dalam pengolahan bahan pangan nabati dan hewani

Kegiatan Inti

Kegiatan Belajar 1

Perhatikan gambar Peta Kabupaten Tuban berikut!


Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai wilayah perairan laut sepanjang 65 km yang meliputi Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar dengan hasil potensi dengan nilai ekonomi tinggi. Selain wilayah perairan laut, kabupaten Tuban juga terdiri dari daerah pertanian dan perkebunan yang memiliki produk komoditas dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Setelah melakukan kegiatan belajar 1, cek pemahaman kalian dengan mengerjakan soal berikut!

1

Apa hasil bahan pangan nabati yang ada di daerah Tuban?

2

Apa hasil bahan pangan hewani yang ada di daerah Tuban?

3

Manakah yang mempunyai potensi ekonomi tinggi dari hasil bahan pangan nabati atau hewani yang ada di daerah Tuban? Jelaskan alasan kalian!

Kegiatan Belajar 2

Bagaimana jika bahan pangan nabati dan hewani dibiarkan tanpa diolah atau tanpa pengolahan yang benar?

https://www.youtube.com/watch?v=M-A0fcJ9Eu8

https://www.youtube.com/watch?v=8uLP5sQW-SY

https://www.youtube.com/watch?v=mAhLNWs38eI

https://www.youtube.com/watch?v=mCoTcLziNmI

atau kalian dapat membaca BTP di Buku Prakarya dan Kewirausahaan, penulis Domas Suryo Sri Prabowo dengan Penerbit Putranugraha Halaman 48-52 dan web: https://afikrubik.com/bahan-nabati-dan-hewani/

Laporkan hasil kajian teori kalian mengenai cara melakukan pengolahan bahan pangan nabati dan hewani di depan kelas!

Cek hasil kajian kaian dengan hasil penjelasan kelompok lain! Tulis tambahan informasi dari presentasi temanmu! Dan Jangan lupa tulis pertanyaan kalian tentang presentasi yang dilakukan oleh teman kalian!


 

Selain pengolahan bahan pangan nabati dan hewani yang baik dan sesuai dengan kesehatan, ternyata tidak semua orang bersikap jujur dalam mengembangkan bisnisnya dalam bidang pengolahan bahan pangan. Berikut adalah contoh dari pengolahan bahan pangan yang tidak benar…..


Beberapa waktu terakhir, Polisi Tuban Menggerebek 3 Tempat Pengolahan Ikan Berformalin…

Link alamat: https://nasional.tempo.co/read/881754/polisi-tuban-menggerebek-3-tempat-pengolahan-ikan-berformalin

Bagaimana pendapat kalian terkait berita tersebut!


Setelah melakukan kegiatan belajar 2, cek pemahaman kalian dengan mengerjakan soal berikut!

1

Sebutkan dan jelaskan teknik pengolahan dengan metode panas basah?

2

Sebutkan dan jelaskan teknik pengolahan masak kering?

3

Sebutkan dan jelaskan teknik pengolahan masak dengan minyak?

4

Buatlah pengolahan makanan nabati dan hewani khas daerah Tuban dengan menggunakan bahan aditif!

Kegiatan Belajar 3

Setelah kalian melakukan kajian teori tentang pengolahan bahan pangan nabati dan hewani. Kalian perlu melakukan kegiatan wawancara pada nara sumber yang kompeten dalam pengolahan bahan pangan. Nara sumber yang dimaksud bisa dari pengusaha pengolahan bahan pangan, dinas kesehatan, ahli gizi atau nara sumber lainnya.

Catat pada buku tugas masing-masing terkait hasil wawancara narasumber yang dilakukan!


Laporkan hasil wawancara nara sumber mengenai cara melakukan pengolahan bahan pangan nabati dan hewani di depan kelas!

Cek hasil kajian kaian dengan hasil penjelasan kelompok lain! Tulis tambahan informasi dari presentasi temanmu! Dan Jangan lupa tulis pertanyaan kalian tentang presentasi yang dilakukan oleh teman kalian!


Setelah melakukan kegiatan belajar 3, cek pemahaman kalian!

Kegiatan Belajar 4

Setelah melakukan kajian teori dan wawancara nara sumber terkait pengolahan bahan pangan nabati dan hewani maka kalian siap untuk melakukan pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.



Penutup

Nah, ini adalah akhir dari UKBM. Kerjakan evaluasi di bawah ini untuk mengecek pemahaman kalian tentang materi yang telah kalian pelajari pada UKBM ini.

Evaluasi

Nah,,,, kalian bersiap untuk menyelesaikan evaluasi ya!!!!!

Kalian dapat menjawan Evaluasi tersebut di Buku Tugas!

1

Tuban merupakan daerah maritim dan agraris yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumberdaya alam dari hasil maritim meliputi macam-macam ikan, kepiting, kerang dan lain-lain. Analisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari salah satu bahan hewani hasil laut Tuban!

2

Gayam adalah salah satu bahan pangan nabati khas Tuban. Gayam banyak ditemukan di Tuban khususnya kecamatan merakurak. Gayam sementara hanya diolah menjadi gayam rebus dan kripik gayam. Jika kita ingin membuat inovasi pengolahan Bronis Gayam, Buatlah analisis sistem pengolahan makanan modifikasi tersebut!

3

Ikan tongkol merupakan salah satu hasil bahan pangan hewani dari Tuban. Jika ikan tongkol ingin dilakukan pengolahan dengan teknik memasak kering, jelaskan langkah dalam pengolahan bahan tersebut!

Refleksi diri

Nah,,, sudah paham bukan dengan pengolahan khas daerah hasil modifikasi??

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, silahkan merefleksi diri kalian dengan cara mencontreng pernyataan yang diberikan!

Penghargaan

Selamat!!!!!! Kalian telah berhasil mempelajari materi pengolahan khas daerah hasil modifikasi kalian dapat menganalisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh potensi Kabupaten Tuban dan mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban.
Selain itu kalian dapat mengembangkan literasi dan karekter 4C.

Bagaimana pemahaman kalian hingga saat ini… jika sudah berarti kalian sudah paham, kalian sudah bisa melanjutkan ke UKBM PKWU-3.3/4.3/5/3-1

Project Based Learning


Sesungguhnya, mata pelajaran satu dengan yang lain saling terkait, maka pada kegiatan belajar kalian mengkolaborisikan
materi pengolahan makanan (prakarya)
dengan
materi pengenalan ilmu kimia pada mata pelajaran kimia kelas X semester 1,
materi plantae dan animalia pada mata pelajaran Biologi kelas X semester 2, materi pemberdayaan komunitas mata pelajaran Sosiologi kelas XII dan materi teks prosedur pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI Semester 3.

Petunjuk Tindak Lanjut

Sebelum TES FORMATIF…. Guru perlu melakukan
PENGECEKAN ini…

Pengecekan Proses Sebelum Mengikuti Tes Formatif

Daftar Pustaka

Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan. 2015. Prakarya dan Kewirausahaan SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suryo, D. S. P. 2018. Modul Pengayaan Prakarya dan Kewirausahaan untuk SMA/MA Kelas XII. Surakarta: Putra Nugraha.

Leave a Comment