eUKBM

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat berperan dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi dengan kehidupan manusia seakan-akan tidak dapat dipisahkan. Dengan kemajuan teknologi kita dapat memperoleh berbagai informasi yang ada di belahan dunia. Kemajuan teknologi tentunya menyebabkan perubahan yang begitu besar terhadap kehidupan umat manusia di berbagai bidang dan memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat, termasuk gaya hidup dan pola pikir masyarakat.

e-UKBM merupakan alat atau media bahan ajar yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya secara elektronik.

Manfaat eUKBM

1. Dapat digunakan tidak terbatas Ruang dan waktu

2. Hemat biaya

3. bersahabat dengan user atau pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.

4. mampu membelajarkan diri sendiri.

5. dirumuskan secara jelas dan terstruktur, dan terukur.

6. Tersedia bahan gambar, audio dan video.

7. tersedia soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya

8. mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri,

9. terdapat umpan balik atas penilaian

Tujuan Pengembangan eUKBM

1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat  verbal.

2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.

3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi,

4. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa;

Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
Memungkinkan belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
Memungkinkan dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

Kaidah Penulisan e-UKBM

1. Self instructional

Peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.

2. Self Contained

Sebagian besari atau seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu UKBM secara utuh

4. Berdiri Sendiri / Stand alone

UKBM manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain

5. Adaptif

dapat menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta fleksibel/luwes digunakan di berbagai perangkat keras (hardware)

6. Bersahabat/Akrab (User Friendly)

UKBM hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya

7. Konsistensi

Dalam penggunaan : FONT, SPASI, TATA LETAK (LAYOUT)

8. Format

Format kolom tunggal atau multi

Format kertas vertikal atau horizontal

Icon yang mudah ditangkap

 

Karakteristik e-UKBM

  1. Berbasis KD,
  2. Kelanjutan/pengembangan BTP
  3. Mengukur ketuntasan/pencapaian kompetensi
  4. pembelajaran aktif (active learning) dengan menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan saintifik maupun pendekatan lain yang relevan.
  5. sesuai dengan konsep dan prinsip Techno Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
  6. Mengembangkan karakter dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
  7. Bersifat terapan, memperluas, memperdalam, menghidupkan materi pembelajaran pada BTP
  8. Mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai pembelajar cepat, normal, dan lambat.
  9. Menarik
  10. Mengutamakan interaksi antara anak dengan sumber belajar, narasumber, gagasan anak dengan gagasan orang lain

Prinsip Pengembangan UKBM

  1. Mastery learning, mengutamakan prinsip ketuntasan belajar secara individual
  2. Proses belajar dan pembelajaran berlangsung secara interaktif
  3. Berbasis KD
  4. Digunakan pada pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok, atau pembelajaran individual
  5. Memuat tujuan pembelajaran
  6. Mampu mengevaluasi ketercapaian KD
  7. Setiap UKBM diakhiri dengan adanya penilaian berupa tes formatif
  8. Bersifat Komunikatif
  9. Berbasis aktivitas
  10. Bersifat hangat, cerdas, dan ramah
  11. Mengintegrasikan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  12. Diperdalam dan diperhalus dari berbagai sumber belajar

 

Leave a Comment